Monday, March 19, 2007

i'm protecting myself...

semakin hari aku semakin sadar...
aku terlalu rapuh,
terlalu sensitif,
takut hati terluka,
terlalu menjaga hati,
takut kalau-kalau terluka lebih dalam lagi...

semasa kecil yang pernah aku ingat, ada yang pernah celetuk sebuah kalimat ke aku 'kamu ini terlalu baik banget, ga bisa nolak, ga bisa tegas, jadinya teman2mu suka manfaatkan kamu'
mungkin saat itu karena aku suka seringkali sebel, karena dikecewakan teman. mungkin juga saat itu aku sering mengeluh, kalau temanku berprasangka buruk, padahal bukan aku yang melakukan. semakin dipikir, semakin aku membuat benteng-benteng di sekelilingku, pasang tameng-tameng di depanku.

i'm protecting myself. dengan tidak turut campur terlalu banyak. tidak menyentuh kehidupan orang lain terlalu jauh. ataupun tidak mau tahu terlalu dalam. karena apa? karena takut suatu saat bisa-bisa melukai diriku sendiri.

kotbah kemarin bilang: kalau kita mengasihi, meskipun kita dilukai, kita tetap bisa bertahan, karena kita mau mengasihi dia. meskipun dikecewakan, kita masih tetap bisa mengasihi dia, bukan malah menjauhi dia, nyuekin dia, tapi kita justru bertumbuh dalam kasih ke dia.

Yesus aja berapa banyak dikecewakan, dilukai, dibuat sedih, ditolak...tapi karena kasihNya begitu besar, dia tetap mengasihi manusia.

waktu aku belajar mengasihi, ketakutan-ketakutan akan dikecewakan mulai luntur. mengasihi bisa lebih dengan tulus, bukan dengan pengharapan akan imbalan, atau paranoia akan sakit hati.

berdoa buat aku ya...supaya tameng-tamengku bisa lepas satu persatu. belajar mengasihi lebih tulus. kalau pun aku dikecewakan, aku percaya...Yesus sanggup menghapus duka hatiku.

1 comment:

  1. Disanalah kamu dibuat lebih mature...
    tetap semangat ya dita utomo :)
    aku terus berdoa supaya kamu tetap kuat meski sendiri disana dan terus bergantung sama Bapa kita

    ReplyDelete